Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi

Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi - Kadar kolesterol dalam darah dapat meningkat lewat asupan makanan yang kita makan, namun jika asupan ini sesuai dengan kebutuhan tubuh dan seimbang maka anda tidak perlu kuatir kolesterol dapat membahayakan tubuh.

http://sehatalami99.blogspot.com/2013/05/kolesterol-tinggi.html
Kolesterol tinggi berada dalam tubuh tidak larut dalam darah, karena itu supaya dapat disebar ke seluruh tubuh maka diperlukan protein yang disebut dengan Lipoprotein.

Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol yang berbahaya karena itu disebut juga dengan kolesterol jahat, kolesterol LDL ini bekerja mengangkut kolesterol paling banyak dalam darah mengakibatkan banyaknya pengendapan kolesterol di dalam arteri, jika pengendapan semakin tebal maka akan sangat berbahaya karena dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke.
  2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol baik dan tidak berbahaya karena bekerja mengangkut kolesterol lebih sedikit daripada LDL selain itu dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah arteri dan dibawa kembali ke hati untuk proses pembuangan. HDL ini sangat baik karena dapat mencegah kolesterol mengendap di dinding arteri serta berfungsi menghindarkan pembuluh darah dari proses pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.
Yang perlu juga anda ketahui bahwa selain kedua jenis tadi ada juga Trigliserida merupakan lemak yang terdapat dalam darah dan organ tubuh lainnya, jika kadar trigliserida meningkat maka kadar kolesterol juga ikut meningkat, beberapa faktor yang memicu terjadinya trigliserida adalah faktor kegemukan, makanan berlemak dan alkohol, namun dapat diatasi dengan diet rendah karbohidrat.
         
kolesterol tinggi dan Gejalanya:
  1. Pada urat dan jaringan kulit terdapat penumpukan kolesterol dengan tanda pembekakan berbentuk bulat dengan warna kekuningan.
  2. Dibawah kelopak mata biasa terdapat bercak-bercak kuning.
  3. Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi karena faktor genetika penumpukan kolesterol akan terlihat dan dirasakan pada urat di sekitar buku jari.
  4. Serta gejala yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi adalah daerah di sekitar tengkuk akan terasa pegal-pegal, jika anda mengalami ini segera periksakan ke dokter.
Untuk anda yang sedang menderita kolestrol tinggi disini admin sarankan anda untuk membaca Tips Menurunkan Kolesterol Jahat dengan harapan kolestrol anda dapat segera teratasi. selamat mencoba